Pengertian Manajemen Kas Dan Manajemen Investasi

Pengertian Manajemen Kas Dan Manajemen Investasi

 PENGERTIAN MANAJEMEN KAS

Kas yaitu nominal uang kontang atau seluruh bentuk aset yang cepat untuk dicairkan yang ada pada perusahaan. Pengertian lain dari kas adalah salah satu bentuk aktiva lancar yang dapat dimanfaatkan dengan segera mungking untk pembayaran kewajiban jangka pendek perusahaan.


Bentuk kas yang seringkali dipakai adalah uang tunai, deposit, money order atau kasbon dan lainnya. Manfaat kas untuk perusahaan adalah dalam pendanaan berhubungan dengan operasional perusahaan, pembiayaan aktiva tetap, berkelanjutan perusahaan (seperti bahan baku, gaji karyawan, sarana operasional) untuk hasil saham, pajak, hutang, dan lain sebagainya.


Manajemen Kas adalah sekupulan aktivitas perkiraan, merencanakan, mengumpulkan, mengeluarkan dan menginvestasikan dari suatu perusahaan supaya dapat beroperasi dengan lancar. Tanpa terdapat manajemen kas yang baik maka suatu perusahaan akan mengalami kebangkrutan karena kurangnya kas, walaupun perusahaan tersebut mendapatkan profit.


MANAJEMEN INVESTASI:

Manajemen investasi adalah manajemen profesional yang mengelola beragam sekuritas atau surat berharga seperti saham obligasi dan aset lainnya seperti properti  dengan tujuan untuk mencapai target investasi yang menguntungkan bagi investor. Investor tersebut dapat berupa institusi ( perusahaan ansuransi, dana pesiun, perusahaan dll) ataupun dapat juga merupakan investor perorangan, di mana sarana yang digunakan biasanya berupa kontrak investasi atau yang umumnya digunakan adalah berupa kontrak investasi kolektif (KIK) seperti reksadana.


Lingkup jasa pelayanan manajemen investasi adalah termasuk melakukan analisis keuangan, pemilihan aset, pemilihan saham, implementasi perencanaan serta melakukan pemantauan terhadap investasi.


Di luar industri keuangan, terminologi "manajemen investasi merujuk pada investasi lainnya selain daripada investasi dibidang keuangan seperti misalnya proyek, merek, paten dan banyak lainnya selain daripada saham dan obligasi.


Manajemen investasi merupakan suatu industri global yang sangat besar serta memegang peran penting dalam pengelolaan triliunan dollar, euro, pound, dan yen.


PENGERTIAN PENGANGGARAN MODAL:

Penganggaran modal (Capital Budgeting) adalah proses kegiatan yang mencakup seluruh aktivitas perencanaan penggunaan dana dengan tujuan untuk memperoleh manfaat (benefit) pada waktu yang akan datang. Penganggaran modal berkaitan dengan penilaian aktivitas investasi yang diusulkan. Aktivitas suatu investasi ditujukan untuk mencapai tujuan yang diharapkan selama periode tertentu di waktu yang akan datang, yang mempunyai titik awal (kapan investasi dilaksanakan) dan titik akhir (kapan investasi akan berakhir).


Penganggaran modal meliputi seluruh periode investasi yang mencakup pengeluaran-pengeluaran (cost) dan manfaat (benefit) yang dikuantifikasi, sehingga memungkinkan untuk diadakan penilaian dan membandingkannya dengan alternatif investasi lainnya.


TERI DARI INTERNET


Perencanaan dan Peramalan Keuangan


Menurut Lawrence J. Gitman (2006), Financial Planning adalah “planning that begins with long term, or strategic, financial plans that in turn guide the formulation of short term, or operating, plans and budgets” (p.114). Mengacu pada pendapat Lawrence J. Gitman, perencanaan keuangan dibagi atas dua macam, yaitu:


a.       Perencanaan Keuangan Jangka Panjang (Strategis)


Gambaran besar aktivitas keuangan yang direncanakan oleh perusahaan dan dampak yang dapat diantisipasi akibat aktivitas tersebut dalam periode waktu 2 sampai 10 tahun


b.      Perencanaan Keuangan Jangka Pendek (Operasional)


Gambaran spesifik dari aktivitas keuangan jangka pendek yang dilakukan oleh perusahaan dan dampak dari aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.


Jadi kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa Perencanaan Keuangan merupakan suatu bagian penting dalam keuangan perusahaan. Merupakan bagian penting karena pada perencanaan keuangan, seorang manajer dapat merencanakan langkah – langkah apa yang harus diambil agar perusahaan dapat mencapai tujuannya.


Rencana Operasi


·         Rencana operasi menyediakan pedoman implementasi terperinci, yang didasarkan pada strategi perusahaan, untuk membantu mencapai tujuan perusahaan.


·         Rencana-rencana ini dapat dikembangkan untuk rentang waktu apa pun.


·         Rencana tersebut menjelaskan secara terperinci siapa yang bertanggung jawab untuk setiap fungsi tertentu, kapan tugas tertentu harus diselesaikan, target penjualan dan laba, dst.


Proses Perencanaan Keuangan


Memproyeksikan laporan keuangan dan menggunakannya untuk menganalisis dampak dari rencana operasi terhadap proyeksi laba dan berbagai rasio keuangan.


Menentukan dana yang dibutuhkan untuk mendukung rencana limatahunan.


Meramalkan ketersediaan dana selama lima tahun ke depan.


Menetapkan dan menjaga suatu sistem pengendalian yang mengatur alokasi dan penggunaan dana di dalam perusahaan.


Mengembangkan prosedur guna menyesuaikan rencana dasar jika ramalan ekonomi yang mendasari rencana tersebut tidak terjadi.


Menetapkan suatu sistem kompensasi manajemen berbasis kinerja.


Model Keuangan Terkomputerisasi


·         Kebanyakan model peramalan didasarkan pada program spreadsheet seperti MS Excel.


·         Spreadsheet memiliki keunggulan:


1.      Membuat model spreadsheet lebih cepat dibandingkan dengan membuat ramalan manual jika periode ramalan mencakup satu atau dua tahun


2.      Model spreadsheet dapat mengubah input dan langsung menghitung ulang sehingga hasilnya dapat dengan cepat diketahui.


Manfaat Perencanaan Keuangan:


Mengacu pada Stanley B. Block dan Geofrrey A. Hirt (2002), bahwa manfaat perencanaan keuangan adalah :


1.      Sebagai bahan pertimbangan sebelum pembuatan keputusan mengenai keuangan.


2.      Sebagai dasar penilaian mengenai apakah rencana yang akan dijalankan oleh suatu perusahaan memiliki prospek yang baik atau tidak.


3.      Sebagai standar mengenai kinerja keuangan yang akan mendatang.



DAFTAR PUSTAKA


Adi4shared (2011). “Pengertian Perencanaan”. adipurnama.blogdetik.com 


Brigham, Eugene F dan Joel F. Houston. 2001. Manajemen Keuangan. Jakarta: 

Salemba Empat.


Desya Carceres (2011).“Penyusunan Anggaran Kas”. laclolospalos.blogspot.com


Keowon, Arthur J. dkk. 2001. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: 

Salemba Empat.


Mulyadi. 2001. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.


Munandar, M. 2001. Budgeting. Yogyakarta: BPFE

Tidak ada komentar :

Posting Komentar